Saturday, 24 November 2012

Indikator 1 : Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.


Objek dan permasalahan Biologi mencakup beberapa tingkatan organisasi, yaitu:
  1. Molekul
  2. Sel
  3. Jaringan
  4. Organ
  5. Sistem Organ
  6. Individu
  7. Populasi
  8. Komunitas
  9. Ekosistem
  10. Bioma
  11. Biosfer
Jadi mohon pelajari konsep masing-masing tingkatan tersebut.Mari kita bahas.

Saya akan membagi dalam dua kelompok
1. tingkatan di bawah individu dan,
2. tingkatan di atas individu (individu dan lingkungan)

KELOMPOK 1

1.1. Sel
adalah kesatuan struktur dan fungsional terkecil dari mahkluk hidup.
Cakupannya membran plasma, organel dan inti, termasuk sel pada organnisme uniseluler dan multiseluler.
1.2. Jaringan
adalah kumpulan sel yang sejenis, memiliki bentuk, ukuran, dan fungsi sel yang sama.
  • Pada tumbuhan jaringannya ada jaringan 
    • parenkim, 
    • penguat, 
    • pengangkut, 
    • pelindung.
  • Sedangkan pada hewan ada jaringan 
    • epitel, 
    • otot, 
    • saraf, dan  
    • ikat.
Disni kalian harus bisa membedakan gambar anatomi masing-masing dan mengkaitkan dengan fungsinya

1.3. Organ
adalah kumpulan dari berbagai jaringan yang berbeda yang membentuk sebuah struktur dan berfungsi untuk mendukung sistem tertentu.
contohnya adalah jantung, paru-paru, mata, dsb.

1.4. Sistem organ
adalah kumpulan organ-organ yang menjalankan sistem tertentu.
Sistem organ yang dapat dijumpai pada manusia adalah
  • sistem pencernaan
  • sistem peredaran darah
  • sistem koordinasi
  • sistem ekskresi
  • sistem reproduksi
  • sistem gerak
  • sistem pernafasan
  • sistem kekebalan tubuh
dapat dicontohkan sebagai berikut, organ jantung dan organ pembuluh darah, bersama-sama membentuk sistem peredaran darah.Kalian harus mengerti semua organ yang terlibat dari masing-masing sistem beserta gambar dari setiap organ penyusun sistem-sistem tersebut

Selanjutnya adalah INDIVIDU/organisme
individu adalah unit tunggal organisme yang berada di lingkungan meliputi mahkluk hidup uniseluler atau multiseluler yang terdiri dari kumpulan berbagai sistem organ.

Kelompok 2.

pada kelompok ini Anda harus mengerti kata kunci berikut ini untuk mempelajari setiap tingkatan kehidupan dengan konsep yang benar. di kelompok ini ada biosfer, populasi, ekosistem, komunitas, bioma. Sengaja saya tidak urutkan hirarkinya. Bagaimanakah agar dengan cepat mengerti dan tidak terbalik-balik menghafalkannya.

Saya akan berikan tipsnya. Tipsnya adalah hafalkan kata kunci berikut ini.
Gunakan kata kunci
1. sejenis untuk istilah populasi
2. lokasi dan banyak jenis untuk istilah komunitas
3. interaksi untuk istilah ekosistem
4. areal yang luas dan tanaman dominan untuk istilah bioma

Sekarang mari kita ingat kembali definisi masing-masing.
2.1 Populasi
Populasi adalah kumpulan individu sejenis. pada istilah ini tidak akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi ataupun ada interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.

2.2. Komunitas
komunitas adalah kumpulan berbagai macam individu pada suatu area. Areanya bisa sawah, sungai, danau, laut dsb. Jadi jika ada kata kunci lokasi di dalam lingkungan merupakan indikator yang mengacu pada istilah komunitas. pada istilah ini akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi dan tidak ada istilah interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.

2.3 Ekosistem
Ekosistem adalah interaksi yang terjadi di dalam lingkungan, baik itu interaksi:
  • antar faktor biotik, 
  • antar faktor abiotik ataupun 
  • antar faktor biotik dan abiotik.

2.4. Bioma
Suatu areal lingkungan yang luas dengan tumbuhan dominan tertentu. diantaranya adalah
  • 1. bioma hutan hujan tropis..
  • 2. Bioma gurun.
  • 3. Bioma tundra
  • 4. Bioma taiga
  • 5. Bioma Savana
  • 6. Bioma Stepa
Untuk materi ciri-ciri bioma perlu dipelajari karena tidak muncul pada indikator ekosistem.
 
Selain itu karena Biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar. Karena luasnya bahan kajian biologi, biologi dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu. Beberapa cabang-cabang ilmu biologi antara lain :
 Hafalakan terutama yang dicetak tebal

1. Zoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan
2. Botani, Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
3. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
4. Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh
5. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
6. Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organism
7. Bakteriologi, ilmu yang mempelajari tentang bakteri
8. Mikologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
9. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang.
10. Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
11. Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetic
12. Ekologi, ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik/interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
13. Taksonomi, ilmu yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup
14. Ikhtiologi, Ilmu yang mempelajari tentang ikan
15. Malakologi, ilmu yang mempelajari tentang moluska
16. Terratologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari kelainan atau cacat embrio dalam masa kandungan
17. Ornitologi, ilmu yang mempelajari tentang burung
18. Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
19. Protozoologi, ilmu yang mempelajari tentang protozoa
20. Limnologi, ilmu yang mempelajari tentang perairan air tawar
22. Embriologi, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
23. Patologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit
24. Endokrinologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone
25. Sitologi, ilmu yang mempelajari tentang sel
26. Histologi, ilmu yang mempelajari tentang jaringan
27. Organologi, ilmu yang mempelajari tentang organ
28. Morfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organism
29. Enzimologi, ilmu yang mempelajari tentang enzim
30. Virologi, ilmu yang mempelajari tentang virus

CONTOH SOAL

Dengan diberikan contoh kegiatan penelitian biologi siswa mampu mengidentifikasi  tingkat organisasi makhluk hidup yang dikaji. 

Seorang ahli biologi sedang melakukan penelitian di Ujung Kulon dengan kegiatan   memotret  dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup yang dijumpai. Dilihat dari aktifitas tersebut kemungkinan besar tingkat organisasi kehidupan  yang sedang di pelajari adalah …..
A.    Sel
B.     Organ
C.     Individu
D.    Komunitas
E.     Bioma

 
 
Dengan diberikan contoh beberapa kejadian siswa mampu menentukan kejadian yang merupakan  kajian Ilmu Biologi

Biologi sebagai ilmu mempunyai objek kajian berbagai permasalahan pada  makluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi. Fenomena/kejadian  berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah ….
A.    Mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
B.     Bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
C.     Kandungan mineral dalam batuan
D.    Ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam
E.     Proses perubahan bahan makanan pada pembuatan alkohol



Dengan diberikan contoh beberapa cabang biologi siswa mampu mengidentifikasi objek dan tingkat organisasi yang dikaji

Ilmu biologi telah berkembang dengan pesat sehingga dihasilkan ratusan cabang ilmu biologi dengan objek kajian yang spesifik. Hubungan yang benar antara cabang ilmu biologi, objek kajian dan tingkat organisasi kehidupan yang dipelajarinya adalah …
A.    Kardiologi – hewan – sel
B.     Mikrobiologi – monera dan protista – jaringan
C.     Botani – Jamur dan tumbuhan - komunitas
D.    Entomologi – hewan – populasi dan komunitas
E.  Biokimia – hewan – individu


Pada sebuah rumah sakit bersalin seorang Ibu melahirkan bayi kembar  2 berjenis kelamin laki-laki. Untuk memastikan bayi tersebut kembar identik atau kembar 2 telur  memerlukan cabang ilmu biologi mengkaji biologi pada tingkat organisasi … .
     A.   Molekuler 
     B.   Sel
     C.     jaringan  
     D.    organ
     E.     individu
  ke SKL 2


11 comments:

  1. makasih gan soalnya. inspirasi buat saya... lg sibuk bikin tugas.
    berkunjung juga di blog saya ya. TheJutsuBLOG

    ReplyDelete
  2. keren....aku pengen deh bisa bikin penjelasan yang sekomplit itu....

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. lengkap,jelas,top mas...tapi ko kuncinya ga ada

    ReplyDelete
  5. aku suka penjelasannya mudah dicerna. aku baru kelas X ipa nih, ada tugas dari guru eh dapet deh jwabannya disini hehe mksih yah.

    ReplyDelete
  6. Materinya lengkap,singkat,padat,dan jelas Pokoknya bagussssss.......

    ReplyDelete
  7. trus permasalahan yang muncul apa?

    ReplyDelete
  8. mkasih buat soal.a,,lg dpt tgs nyari soal nie,,,kunci jwbnnya mna y ?? hehe

    ReplyDelete
  9. thanks infonya.
    sudah lumayan ngerti untuk SKL.1.
    All About Japan

    ReplyDelete