SKL 1.Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
Indikator 1 : Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
SKL 2.Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
SKL 3.Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
SKL 4.Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
SKL 5. Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
SKL 6.Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan.
SKL 7.Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis
SKL 8.Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
SKL 9.. Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
SKL 10 .Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi
Indikator 1 : Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
SKL 2.Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
- Indikator 2. Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia.
- Indikator 3. Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).
- Indikator 4.Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
- Indikator 5.Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.
- Indikator 6. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
- Indikator 7. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
- Indikator 9. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata.
SKL 3.Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
- Indikator 9. Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
- Indikator 10. Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
- Indikator 11. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
SKL 4.Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
- Indikator 12.Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel
- Indikator 13. Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
- Indikator 14. Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan
SKL 5. Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
- Indikator 15.Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
- Indikator 16.Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya
- Indikator 17.Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya
- Indikator 18.Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.
- Indikator 19.Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya
- Indikator 20.Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
- Indikator 21.Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin
- Indikator 22.Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
SKL 6.Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan.
- Indikator 23.Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
SKL 7.Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis
- Indikator 24. Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
- Indikator 25. Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
- Indikator 26.Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
- Indikator 27.Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan.
- Indikator 28. Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.
SKL 8.Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
- Indikator 29.Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
- Indikator 30.Menjelaskan proses sintesis protein.
- Indikator 31.Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
- Indikator 32.Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel.
- Indikator 33.Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel
- Indikator 34. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
- Indikator 35. Menjelaskan peristiwa mutasi.
SKL 9.. Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
- Indikator 36. Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya
- Indikator 37.Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.
SKL 10 .Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi
- Indikator 38.Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
- Indikator 39.Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern.
- Indikator 40. Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan
lanjutkan mas, waktu sudah semakin mepet, terimakasij..
ReplyDeletelanjutin dong mas. . . Pembahasannya
ReplyDeletemakasih pak...lanjut ya pak..
ReplyDeleteTerimakasih banyak pak post nya.
ReplyDeleteTolong dilanjut lagi untuk indikator selanjutnya. Makasih.
mantap, pak post nya,,, di lanjutin lagi dong sampai selesai >,< hahaha makasih sebelumnya hahaha
ReplyDeleteah mana lanjutannya pak...H_5 nih pak..
ReplyDeletedilanjutin lagi dong, skl buat un 2014 juga sama nih.. :)
ReplyDeletetolong dilanjut, bermanfaat sekali ;)
ReplyDelete