Pembahasan SKL UN 2013

SKL 1.Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
          Indikator 1 : Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.

SKL 2.Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya

SKL 3.Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
  • Indikator 9. Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem. 
  • Indikator 10. Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.  
  • Indikator 11. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .

SKL 4.Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
  • Indikator 12.Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel
  • Indikator 13. Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
  • Indikator 14.  Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan

SKL 5. Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
  • Indikator 15.Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
  • Indikator 16.Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya
  • Indikator 17.Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya
  • Indikator 18.Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.
  • Indikator 19.Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan  gangguannya
  • Indikator 20.Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
  • Indikator 21.Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin
  • Indikator 22.Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh

SKL 6.Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan.
  • Indikator  23.Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

SKL 7.Mendeskripsikan proses metabolisme  karbohidrat dan kemosintesis
  • Indikator 24. Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
  • Indikator 25. Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
  • Indikator 26.Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
  • Indikator 27.Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan.
  • Indikator 28.  Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.

SKL 8.Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
  • Indikator 29.Menjelaskan  susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
  • Indikator 30.Menjelaskan proses sintesis protein.
  • Indikator 31.Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
  • Indikator 32.Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel. 
  • Indikator 33.Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel
  • Indikator 34. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
  • Indikator 35. Menjelaskan  peristiwa mutasi.

SKL 9.. Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
  • Indikator 36. Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya
  • Indikator 37.Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada  evolusi. 

SKL 10 .Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi
    • Indikator 38.Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
    • Indikator 39.Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern.
    • Indikator 40. Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan

    8 comments:

    1. lanjutkan mas, waktu sudah semakin mepet, terimakasij..

      ReplyDelete
    2. lanjutin dong mas. . . Pembahasannya

      ReplyDelete
    3. Terimakasih banyak pak post nya.
      Tolong dilanjut lagi untuk indikator selanjutnya. Makasih.

      ReplyDelete
    4. mantap, pak post nya,,, di lanjutin lagi dong sampai selesai >,< hahaha makasih sebelumnya hahaha

      ReplyDelete
    5. ah mana lanjutannya pak...H_5 nih pak..

      ReplyDelete
    6. dilanjutin lagi dong, skl buat un 2014 juga sama nih.. :)

      ReplyDelete
    7. tolong dilanjut, bermanfaat sekali ;)

      ReplyDelete